Selasa, 29 Desember 2009

Sekolah Inspektur Polisi

menjawab pertanyaan sdr. cristian soal apa itu Sekolah Inspektur Polisi, saya berusaha menjawab sesuai pengetahuan saya yang terbatas ini berhubung tugas saya di Akpol hanyalah sebagai Pembina/Pengasuh Taruna.

sepengetahuan saya, SIP adalah wadah bagi para lulusan Sarjana yang berminat untuk melanjutkan studinya di Kepolisian. sebenernya ini nama lain dari PPSS (Perwira Polri Sumber Sarjana) yang slama ini berjalan. perbedaannya adalah semenjak Polri mengambil kebijakan untuk penerimaan Taruna Akpol diambil dari 2 sumber (SMU dan Sarjana), PPSS mengambil siswanya dari sumber Sarjana khusus (kedokteran,penerbang). sedangkan SIP mengambil siswa dari sumber sarjana pada umumnya (SH,SSos dll).
bila PPSS penyebutannya adalah Siswa, sedangkan SIP adalah Taruna. akan tetapi masa pendidikannya lebih cepat dari Taruna sumber SMU ( kalo tidak salah 1 tahun 4 bln).
namun sepertinya program SIP ini tidak akan berlanjut, seiring munculnya kebijakan Kapolri agar Akpol setara dgn S1. dgn kata lain murni hanya menerima dari sumber SMU dengan masa pendidikan selama 4 tahun.

mudah-mudahan ini bisa menjawab. mohon maaf bila ada kekurangan informasi yang saya sampaikan di atas.

1 komentar: